Cara Memasang Relay Klakson

on Wednesday, June 12, 2013

Cara pasang relay klakson pada motor dan mobil. Klakson pada mobil atau motor yang belom dipasang relay umunya suaranya kurang keras. Hal ini disebabkan karena kontaktor pada saklar tidak kontak secara sempurna sehingga arus yang masuk ke klakson kurang (baca: tegangan ngedrop), padahal klakson memerlukan arus yang kuat. Untuk mengatasi masalah tersebut maka saya ingin berbagi cara memasang relay untuk klakson.


skema relay klakson
Alat dan bahan:
- Relay kaki 4 merk Hella/Bosch/dll. beserta soketnya. Sebenarnya relay kaki 5 juga bisa asal yang kaki no 87 dan 87a tersambung (NO : normally open).
- Kabel diameter 1mm
- Sekring 10A
- Skun /konektor
- Tang dan isolasi

skema relay klakson

Cara Pasang:
  1. Cari tempat dimana klakson dan relay akan dipasang.
  2. Rangkai kabel seperti skema, atur supaya rapi.gunakan isolasi biar tambah aman sambungannya.
  3. Kaki relay 85 dan 86 ke kabel klakson ori (bolak-balik terserah)
  4. Kaki relay 30 menuju ke +12v aki, jangan lupa pasang sekring sebagai pengaman
  5. Kaki relay 87 menuju ke salah satu kutub klakson (terserah bolak-balik bisa). Kutub klakson yang satunya langsung ke massa. Dalam pemasangan gunakan skun/konektor yang bagus biasanya merk utilux.
Cara Kerja: Ketika kunci ON arus dari aki masuk ke relay tapi relay belum aktif, ketika saklar klakson ditekan maka relay baru aktif karena massa tersambung.  Ketika relay aktif maka di dalamnya terjadi kontak antara kaki 30 dan 87, sehingga arus dari aki masuk ke klakson. Klakson langsung berbunyi karena massa klakson langsung tersambung ke body. Kurang jelas? silahkan berikan komentar di bawah :)

semoga bermanfaat :)
Ranking: 5

BACA JUGA :

{ 42 comments... read them below or add one }

nanopnjtn said...

Bararti haru bikin satu kabel lagi buat yg no 30 nambil ke aki?


August 1, 2013 at 11:10 PM
Anonymous said...

Ni susah bgt masangnya......


August 18, 2013 at 3:59 PM
sanusi said...

mksh gan infinya gampang kok...


October 7, 2013 at 11:33 AM
ade setiawan said...

Ok makasih gan.,. cukup dimengerti.,.,


October 8, 2013 at 11:50 AM
jelly gamat said...

makasih untul ilmunya


October 12, 2013 at 3:25 PM
Danang Dwi Nugroho said...

@nano: iya pak yg kaki 30 langsung ke aki
@sanusi: alhamdulillah .. makasih udah mampirr pak..
@ade: sipp.. pak
@jelly: sama2 pak
@all :maaf baru bisa pegang laptop.. abis pendidikan di kopassus hehehe


October 19, 2013 at 6:17 PM
Yudha Hindrawan said...

makasih,,gua udah donk dan praktek,,skarang mau buat laoran


October 24, 2013 at 10:18 PM
Danang Dwi Nugroho said...

heheh sipp pak yudhaa.. thx udah mampir


November 3, 2013 at 1:46 PM
Adi Dyant said...

Kalo masang relay hella yang 4 kaki .gmana ya temen" .... ini saya baru beli saya pasang malah gak bunyi sama sekali......


November 4, 2013 at 5:34 PM
Danang Dwi Nugroho said...

masang buat klakson pak??
test relay dengan nyambung kaki 85-86 ke kabel klakson ori lalu tekan tombol klakson. kalo berbunyi klik saat tombol ditekan berarti relay normal..

kaki 85 86 disambung aja ke kabel klakson ori...
kaki 30 ke aki
kaki 87 ke salah satu konektor klakson
konektor klakson yg satunya langsung ke ground/body/massa/kutub negatif.


November 7, 2013 at 5:34 AM
ranger hitam said...

Thanx infonya gan,, ane baru mau nyoba nich,, mudah2an berhasil...


November 30, 2013 at 7:04 PM
Danang Dwi Nugroho said...

sama2 pak ranger hitam :D hehehe thx udah mampir


November 30, 2013 at 8:08 PM
kangmas tarjo said...

aq udah pasang pake relay..keras memang krn aku pake klakson orinya mobil innova...nah kendalanya ketika aq pasang lampu HID kalo malam klaksonku gk kuat bunyi..udh aq tambah pake kapasitor juga gk ada perubahan..ada saran gak biar bisa keras klaksonku saat aq nyalakan lampu


December 6, 2013 at 9:45 AM
Danang Dwi Nugroho said...

itu dipasang dimotor mas?? hid 35 watt? akinya brarti kurang gede..pengisian udah dirubah belom?


December 6, 2013 at 6:41 PM
kangmas tarjo said...

iya hid 35watt kiprok baru trus kabel kuning di kiprok ane cabut..biar sepul hanya ngisi aki aja...lampu standar arusnya udah aq rubah dc gan
..aq bru pake 5bln aki standard atau mungkin klakson standarnya kijang innova terlalu berat ya :-D


December 7, 2013 at 8:06 AM
Danang Dwi Nugroho said...

kalo boleh tau motornya apa mas?? udah di DC fullwave?kiprok pake apa+akinya brp Ah? aku pake klakson mobil juga, Denso ky avansa/innova gt, bohlam depan pake H4 100/90watt aman2 aja :D


December 8, 2013 at 1:11 PM
Ferry Anggriawan said...

om newbie nih mohon pncerahan massa/body/ground apa? makasih


December 28, 2013 at 2:36 AM
Danang Dwi Nugroho said...

itu sama aja kutub negatif... rangka motor itu semuanya negatif... massa/body/ground


December 29, 2013 at 2:31 AM
Andhika Jaya Pasera said...

Thanx gan ilmunya
Sangat bermanfaat


December 29, 2013 at 6:27 PM
Danang Dwi Nugroho said...

sama2 mas andhika.. makasih udah mampir :D


December 30, 2013 at 1:50 PM
Fendy Wijaya said...

tanya dong mas kalau relay 86 sama 85 dipakeiin saklar bakal bisa bunyi ga? masalahnya kgk mau rusak klakson asli.....?


January 4, 2014 at 8:02 PM
kumpulan makalah ariean said...

gan,,,kalau klaksonnya cma satu ga dua gmna jalur nya????ga hidup,,,klakson horn yang ada kipasnya.


January 21, 2014 at 7:15 AM
Herman Bahru said...

kalo relay kaki 5 bisa dijelasinkah bro????


January 31, 2014 at 9:25 PM
Anonymous said...

Bg .. motor saya cb150 pake klakson kapal.. suara sudah ok tp kedip sdikit lampu ktika klakson dibunyiin.. kira2 gmna itu ya bg


February 3, 2014 at 2:41 AM
Danang Dwi Nugroho said...

@fendy: kaki 85 86 fungsinya buat idupin relaynya... bisa saja diberi saklar tersendiri jadi misal 85 ke negatif yang 86 dari saklar

@kumpulan: bisa aja mas tinggal yang 87 di sambung ke positif klakson.. negatif klakson langsung ke negatif body

@an: itu tegangan drop... coba pasang relay dulu..


February 3, 2014 at 6:01 PM
Ibanez Satriani said...

Gan mw tanya, mtr aq verza pngn pasang klakson mobil sendiri tnp hrs kebengkel klakson. Mnt tips perangkat ap aj yg hrs aq beli? Trus kapasitas'a brp ( sekring brp A? Relay brp V?). Thanks y gan..


February 18, 2014 at 4:50 PM
Danang Dwi Nugroho said...

Ibanes: sekarang ada kabel set klakson yang udah jadi di toko alat mobil, biasanya merk MX... cuma kalo motor mending buat sendiri aja. bahan relay 1 biji, sekring+rumahnya, skun kolong, skun gepeng untuk ke soket klakson, kabel, isolasi .. sms aja mas biar enak ngobrolnya.. nomer hape ada di menu "cara order" diatas :D


February 19, 2014 at 6:43 PM
27's | Photowork said...

gan...mau nanya doonng...klakson denso avanza di motor MX saya mati ga kluar suara nya tp pas di cek di relay nya.pas di tekan klakson nya bunyi tek..tek..tek..brrti relay nya normal kan ya..trus apa nya yg masalah ya gan?


March 17, 2014 at 4:43 PM
Anonymous said...

Siiiiip


March 23, 2014 at 9:05 PM
Danang Dwi Nugroho said...

bisa aja mas... jadi ntar bisa buat mode standar ama klakson tambahan


April 17, 2014 at 9:12 PM
Danang Dwi Nugroho said...

jalurnya sama aja mas.. kaki 87 ke kaki (+) klaksonnya


April 17, 2014 at 9:13 PM
Danang Dwi Nugroho said...

relay 5 kaki yg 87nya NO NC apa keduanya NO mas?? kalo buat klakson pake relay yg kaki 87a sama 87b sama2 NO .. secarra prinsip sama aja


April 17, 2014 at 9:16 PM
Danang Dwi Nugroho said...

coba cek klaksonnya mas.. tes aja klakson langsung pake aki/adaptor 12v.. kalo bunyi brarti klakson gapapa.. lanjut cek jalurnya.. apakah ada kabel/sekring yg putus


April 17, 2014 at 9:17 PM
WeenggaS Etiopramadhi said...

Om..om..
kalo rangkaian system positive gmn ya??
kl yg om jelasin kan menggunakan rangkaian system negative ya??


June 9, 2014 at 11:28 PM
Danang Dwi Nugroho said...

tinggal balik aja mas yg dimainkan negativnya


June 11, 2014 at 7:13 AM
kidnap said...

Sikringnya yg gmn? Quickly please


June 21, 2014 at 12:33 PM
Danang Dwi Nugroho said...

sekring baiknya pake yg model gepeng mas,,, kasi 15A aja cukup


June 25, 2014 at 3:24 PM
Anonymous said...

Konektor itu yang gimana?? bisa liat gambarnya g??


July 6, 2014 at 1:41 PM
Anonymous said...

jalur kabel dan relay udh sesuai prosedur, namun setelah di coba klason gak bunyi malah relay yg bunyi cletek...cletek, terus saya coba gak pake relay klakson langsung ke aki klason bunyi gak maslah. itu penyebabnya kenapa?


September 15, 2014 at 5:29 PM
Anonymous said...

Relay cletak cletek menandakan relay bagus tapi kabel/soket sambungan ke klakson longgar atau lepas, cb cek lg soket sambungannya. Atau bisa jadi kabel yg dipakai putus di dalam, cara ngeceknya bisa pakai multitester yg ada "buzz"nya, hubungkan pd ujung2 kabel kalau multitester bunyi berarti kabel ga putus.


September 19, 2014 at 12:49 AM
Sunarcell said...

saya sudah pasang sesuai prosedur, jalur 30 yg ke aki saya ambil dari kabel positip yang keluar dari kontak, kalo cuma dikontak doang, klakson gak bunyi, kalo mesin dinyalakan baru klaksonnya bunyi, sekarang tambah masalah lagi, kenapa lampu sein saya jadi konslet setelah saya pasang relay, padahal saya gak sentuh kabel lampu sein tolong pencerahannya , trims


September 25, 2014 at 12:01 AM
Anonymous said...

Klo rangkaian relay untuk lampu led DRL yg nyala ketika mesin nyala seperti apa rangkaiannya bro, mohon pencerahannya... motor saya supra x 125 helm in.....


September 27, 2014 at 3:03 AM

Post a Comment